SOSIALISASI PROGRAM GURU PENGGERAK KEPADA WARGA SMP NEGERI 1 CIANJUR JAWABARAT
Oleh: Bambang Widyanarko, M.Pd.
1. PERISTIWA (Fact)
1.1. Latar Belakang
Salah satu tuntutan luhur seorang Calon Guru Penggerak (CGP)
adalah menjadi inspirasi bagi tempat dan lingkungan kerjanya. Sebagai CGP dari
SMPN 1 Cianjur, saya pun terpanggil untuk terus memberikan pencerahan atau
berbagi pengetahuan tentang apa yang saya sapatkan selama mengikuti program pelatihan
CGP Angkatan 2. Saya pun memulai mengobrol secara informal dengan rekan guru mengenai
CGP. Namun yang sangat antusias hanya dua atau tiga orang. Kemudian, saya pun
berpikir bahwa sebaiknya saya diberi kesempatan untuk menjelaskan apa, mengapa
dan bagaimana program CGP kepada warga sekolah.
Kepala SMP Negeri 1 Cianjur sangat mendukung penyampaian
atau sosialiasi mengenai pelatihan CGP oleh saya kepada rekan-rekan guru di
sekolah. Beliau mengagendakan sesi sosialisai tersebut dalam rapat daring yang
rutin dilaksanakan secara bulanan. Saya pun membuat berkas powerpoint, memeriksa
kesiapan laptop dan mempelajari jaringan internet yang akan saya gunakan. Semua
sarana dan prasarana untuk melakukan penyajian secara tatap maya telah dikondisikan
oleh pembantu kepala sekolah penanggung jawab sarana.
1.2 Pelaksanaan dan alasan aksi nyata
Pada bagian pertama dari presentasi atau sosialisasi program
CGP saya menyampaikan pengertian Guru Penggerak. Saya sampaikan sesuai yang
tertera pada laman resmi Kemdikbud. Disana dijelaskan bahwa Guru Penggerak
adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara
holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk
mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi
teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil
Pelajar Pancasila.
Setelah itu sayapun menyampaikan bahwa kompetensi yang
diharapkan dimiliki guru penggerak adalah pemimpim pembelajaran atau
instructional leadership. CGP diminta menjadi centre of gravity dari komunitas
praktik, pelopor pembelajaran
sosial dan emosional, model pembelajaran berdiferensiasi serta belajar mengnai kompetensi
dalam pengembangan diri dan sekolah. Tidak ketinggalan saya mengemukakan tiga paket
modul CGP yang disajikan dalam bentuk kegiatan di LMS (learning management
system). Tema dari tIga paket tersebut adalah Paradigma dan visi Guru
Penggerak, Praktik pembelajaran yang berpihak pada murid, dan Pemimpin pembelajaran
dalam pengembangan sekolah. Cara pembelajaran yang dijalani CGP adalah 1) coaching;
2) on-the-job training, selama belajar, guru tetap menjalankan perannya di
sekolah sekaligus menerapkan pengetahuan yang didapat dari ruang pelatihan ke
dalam pembelajaran di kelas; 3) kepala
sekolah dan pengawas menjadi mitra seorang calon guru penggerak dalam
mempersiapkan diri menjadi pemimpin. Pada akhir presentasi saya sampaikan
mengenai model atau alur pembelajaran MERRDEKA yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi
Konsep, Ruang Kolaborasi, Refleksi
Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri,
dan Aksi Nyata.
Penyampaian tersebut saya berikan secara singkat dan
sederhana karena beberapa alasan. Pertama, waktu yang diberikan sangat singkat
dan rapat maya sudah berada di akhir acara sehingga peserta telah mengalami
kelelahan. Kedua, materi tidak diberika secara rinci karena takut ada kesan
program CGP ini begitu berat dan sulit apalagi setelah mendegar waktu
pelaksanaannya selama Sembilan bulan. Ketiga, sosialisasi ini hanya bersifat
berbagi informasi saja dan bila perlu rekan guru dapat menayakan langusng
apabila bertemu secara fisik.
1.3 Hasil dari aksi nyata
Sejak awal saya ingin menyampaikan materi ini karena
beberapa pemikiran. Pertama, saya ingin menunjukkan kepada rekan-rekan yang lebih
muda dan berdaya bahwa dengan ketekunan dan kesabaran program yang berat dan
lama seperti CGP ini dapat dilalui dengan baik. Selanjutnya, saya berharap ada
rekan guru yang akan melanjutkan jejak saya untuk mengikuti program CGP ini di
masa yang akan datang,; kemungkinan itu ada di Angkatan 6 (tahun depan).
Kegiatan sosialisai ini telah direkan dan di unggah ke youtube dengan tautan https://www.youtube.com/watch?v=1joHPvjWw3A
Tayangan ini akan sangat bermanfaat untuk mereka yang berhalangan hadir pada
rapat maya dan modal refleksi yang berharga bagi saya sebagai pemateri mengenai
tanggapan dan peluang yang dapat saya optimalkan di masa yang akan datang.
2. Perasaan (Feelings)
Selama presentasi berlangsung, saya terus mencoba untuk
tenang dan memusatkan pikiran pada materi pada powerpoint saya siapkan. Dengan
penguasaan diri dan ketenangan, saya dapat menyajikan materi dengan cukup lancar.
Semua hal yang saya anggap penting tersampaikan secara efektif. Sayangnya,
tidak ada kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab. Bagaimana pun perasaan
lega dapat saya rasakan seiring tersampaikannya materi sosialisasi ini.
3. Pembelajaran (Findings)
Beberapa hikmah dapat diambil dari kegiatan yang cukup singkat
dan sederhana ini. Saya merasa bersyukur karena diberi kesempatan untuk belajar
berbicara di depan khalayak dengan baik dan lancar. Keberhasilan ini menambah
keyakinan bahwa ternyata saya mampu melakukan penyajian dalam keadaan resmi.
Memang benar, saya perlu terus berlatih keterampilan public speaking saya. Dengan
mengikuti pelatihan CGP ini saya dapat terus mengembangkan keterapilan penting
dalam komunikasi. Kepala sekolah dengan
terbuka menerima dan menyambut baik keberadaan saya sebagai CGP. Beluai percaya
bahwa materi di CGP sangat dibutuhkan untuk memperbaiki semua aspek kompetensi seorang
guru dan memberi pengaruh positif pada kemajuan sekolah. Beliau pun memberi
motivasi kepada guru yang lain unutk ikut program CGP berikutnya.
Saya pun melakukan Refleksi dan mengevaluasi kegiatan yang
telah saya laukan ini. Pertemuan seperti ini merupakan awal dari pembentukan
komunitas praktisi di sekolah ke depannya. Banyak materi yang belum dapat saya
bagi dengan sesama rekan di sekolah. Salahastunya adalah mengenai Kompetensi
guru dalam situasi pengambilan keputusan. Pada materi tersebut CGP diajak
memahami Ada konnsep 4 paradigma, 3 prinsip, dan Sembilan Langkah pengujian. Saya
pun memikirkan bagaimana dapat berbagi pengetauan dari program CGP ini selanjutnya.
Setidaknya saya akan mengajukan atau mengagendakan berbagai pertemuan dengan
rekan pada waktu mendatang.
Luar biasa Suhu
BalasHapus