Kamis, 01 Juli 2021

Rancangan Untuk Tindakan Aksi Nyata Modul 1.3

 

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata Modul 1.3: VISI GURU PENGGERAK

Oleh

Bambang Widyanarko (SMPN 1 CIANJUR)

 

Latar belakang 

Visi seorang guru penggerak harus senantiasa melibatkan siswa tidak hanya dalam proses pelaksanaan pembelajaran tetapi puladalam perancangannya. Keterlibatan siswa juga dapat menentukan keberhasilan sebuah proses pembelajaran yang tidak hanya ditentukan oleh seorang guru. Penggunaan metode apapun harus mampu memahami apa yang diinginkan siswa dalam proses pembelajaran. Inilah yang disebut dengan ekspektasi. Dalam aksi nyata modul 1.3 ini, penulis akan menunjukkan bagaimana melibatkan siswa dalam proses merancang ulang atau redesign pembelajaran bahasa inggris SMP kelas 8.

Proses Perancangan ulang atau redesigning ini mencoba menggunakan konsep Inkuiri Apresiatif (IA). Sifat asli dari IA itu sendiri adalm empiris dan ilimiah. Oleh karena itu langkah yang akan ditempuh juga menggunakan kaidah dan sitematika serta metodologi ilmiah. Kegiatan intinya adalah penyusunan dan pelaksanaan survey mengenai perbaikan delivery pembelajaran daring. Survey ini akan mencari tahu mengenai apa yang diharapkan oleh siswa mengenai bentuk, kepraktisan dan pelayanan yang diharapkan. Survey ini juga dilaksanakan untuk menningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dalam menghasilkan desain pembelajaran daring yang efektif. 

Tujuan

Tujuan dari survey persepsi dan ekspektasi siswa mengenai pembelakaran daring bahasa Inggris ini adalah: 

a.    mendapatkan instrumen survey yang relevan. 

b.    memberikan ruang ekspresi bagi siswa mengenai persepsi dan ekspektasi mereka. 

c.    mendapatkan data otentik yang bersifat kuantitatif dan kualitatif langusng dari siswa sebagai end-user. 

d.    mengolah data dengan standar parametrik dan non-parametrik yang baik. 

e.    menghasilkan interpretasi data yang valid 

f.     menghasilkan rekomendasi operasional yang feasible untuk perbaikan masa ke depan.

Tolok Ukur

Pada aksi nyata modul 1.3 ini, saya akan memberi judul: Penggunaan Inkuri Apresiatif dalam Mendesain Ulang Pembelajaran Daring: Studi Kasus Pembelajaran Online Bahasa Inggris Kelas 8 SMPN 1 Cianjur Tahun Pelajaran 2021. Tindakan aksi nyata akan dikatakan berhasil apabila: 

a.    didapat instrumen survey yang baik dan relevan. 

b.    angket dapat melibatkan sebagian besar siswa yang diajar. 

c.    data yang diperoleh dapat diolah tepat waktu. 

d.    Hasil pengolahan data dapat menghasilkan rekomendasi yang tepat. 

e.    Rekomendasi dari pelaksanaan survey sangat berharga bagi perbaikan ke depan.

Linimasa tindakan yang akan dilakukan

Waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan aksi nyata ini adalah 1 minggu perancangan, 2 minggu pelaksanaan dan 1 minggu penulisan laporan. Jadi totalnya 4 minggu.

Dukungan yang dibutuhkan

Untuk dapat melaksanakan perancangan aksi nyata modul 1.3 ini dperlukan beberapa hal seperti: 

a.    perangkat manusia: penulis, siswa, rekan dan pimpinan serta pihak lain. 

b.    perangkat keras : komputer/laptop, handphone 

c.    perangkat lunak: word processor dan browser 

d.    perangkat jaringan : akses internet, kuota 

e.    akun g mail baik guru maupun siswa. 

f.     aplikasi google suite for education. 

g.    aplikasi MS Excel dan koumputasi data lain. 

h.    buku-buku penunjang teori. 

i.     Beberapa ahli bidang IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar